14 September 2020

PENYETARAAN REAKSI REDOKS



Dalam ilmu kimia, terdapat jenis reaksi reduksi dan reaksi oksidasi. Jika kedua reaksi tersebut terjadi secara bersamaan, kita menyebutnya sebagai reaksi redoks. Selama terjadi reaksi redoks, jumlah elektron yang hilang sama dengan jumlah elektron yang diperoleh.
Reaksi redoks terjadi pada baterai dan menghasilkan energi listrik. Reaksi ini juga dapat ditemukan pada korosi atau karat, proses pewarnaan rambut, serta pembusukan apel. Reaksi redoks rupanya memberikan dampak pula pada pembukaan lubang ozon akibat penggunaan hidrogen cair sebagai bahan bakar.
Selain itu, reaksi redoks banyak digunakan di bidang farmasi, biologi, industri, metalurgi, dan pertanian. Reaksi ini pula yang membantu menangkap energi matahari lewat proses fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman hijau.
Untuk menyetarakan reaksi redoks, kita dapat melakukannya dengan dua metode, yaitu metode bilangan oksidasi dan metode ion elektron.


Metode Bilangan Oksidasi

Metode penyetaraan reaksi redoks menggunakan bilangan oksidasi didasarkan pada perubahan bilangan oksidasi pada oksidator dan reduktor.

Langkah-langkah untuk menyeimbangkan persamaan kimia dengan metode bilangan oksidasi adalah sebagai berikut.

  1. Tuliskan persamaan skeletal.
  2. Hitung bilangan oksidasi setiap elemen.
  3. Hitung kenaikan atau penurunan bilangan oksidasi per atom dan identifikasi oksidator dan reduktor.
  4. Jika kenaikan dan penurunan ini tidak sama, kemudian gandakan pengoksidasi dan reduktor dengan bilangan bulat yang sesuai untuk menyamakan total peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
  5. Seimbangkan semua atom selain hidrogen dan oksigen.
  6. Setarakan hidrogen dan oksigen dengan dua langkah berikut.
  7. Dalam suasana asam, tambahkan molekul H2O ke sisi kekurangan oksigen dan tambahkan atom hidrogen sebagai ion H+ke sisi yang kekurangan hidrogen.
  8. Dalam suasana basa tambahkan molekul H2O ke sisi kekurangan oksigen. Untuk hidrogen, tambahkan molekul H2O ke sisi yang kekurangan hidrogen dan kemudian tambahkan jumlah ion OHyang sama pada sisi yang berlawanan.

Metode Ion Elektron

Sementara itu, metode penyetaraan menggunakan ion elektron didasarkan pada prinsip bahwa elektron yang hilang selama reaksi setengah oksidasi sama dengan elektron yang diperoleh selama reaksi reduksi setengah.

Langkah-langkah untuk menyeimbangkan reaksi redoks dengan metode elektron ion adalah:

  1. Tuliskan persamaan skeletal.
  2. Hitung bilangan oksidasi setiap elemen.
  3. Identifikasi spesies yang teroksidasi dan yang tereduksi.
  4. Pisahkan persamaan skeletal menjadi dua setengah reaksi, yaitu reaksi setengah oksidasi dan reaksi setengah reduksi.
  5. Seimbangkan dua setengah reaksi secara terpisah.
  6. Seimbangkan atom unsur, yang telah mengalami perubahan bilangan oksidasi.
  7. Tambahkan elektron ke sisi yang diperlukan untuk menyeimbangkan muatan.
  8. Seimbangkan atom oksigen dengan menambahkan molekul H2O yang cukup pada sisi kekurangan oksigen.
  9. Seimbangkan atom H dengan menambahkan ion H+(dalam suasana asam atau netral) atau dengan menambahkan molekul H2O yang dibutuhkan pada sisi defisiensi Hidrogen dan ion OH yang sama pada sisi yang berlawanan (dalam suasana basa).
  10. Kalikan dua setengah reaksi dengan bilangan bulat yang sesuai sehingga jumlah total elektron yang diperoleh dalam satu reaksi setengah sama dengan jumlah elektron yang hilang dalam setengah reaksi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar