03 Januari 2020

Cicak dan Ikatan Kimia



Halo, Sahabat Kimia!
Kembali lagi Pak Rizal akan berbagi satu artikel tentang kimia. Kali ini yang akan kita bahas adalah cicak. Mungkin sahabat kimia heran, mengapa cicak? Apa kaitannya dengan kimia?
Pastinya sahabat kimia sudah sering melihat cicak yang bisa berjalan merayap di dinding. Apakah cicak tersebut terjatuh? Ternyata tidak. Mengapa begitu? Pada awalnya banyak yang berpikir bahwa kaki cicak mengandung perekat seperti lem. Namun akhirnya pendapat ini terpatahkan, karena dari bekas jejak cicak tidak pernah ditemukan zat seperti lem tersebut. Beberapa waktu yang lalu sekelompok peneliti  dari Barkeley University akhirnya mengungkapkan alasan cicak yang bisa menempel di dinding tersebut. Dan ini ada hubungannya dengan kimia.
Oleh karena itu, mari kita bahas cicak ini melalui ilmu kimia, yaitu topik ikatan kimia tepatnya di gaya antar molekul. 
Kita tahu untuk ikatan kimia sendiri dibahas mengenai ikatan antar atom dan ikatan atar molekul (gaya antar molekul). Untuk gaya antar molekul sendiri, di sekolah pastinya sudah dibahas ada berapa jenisnya. Salah satunya yaitu gaya Van der Waals. Apakah gaya Van der Waals itu? Yaitu gaya tarik menarik listrik yang relatif lemah akibat kepolaran molekul yang permanen atau terinduksi. Gaya ini dikemukakan oleh Johannes Van Der Waals. 
Sekitar 500 ribu bulu halus yang kuat dimiliki telapak kaki cicak. Panjangnya bervariasi antara 30-130 mikrometer. Dan yang mengagumkan, tebalnya hanya sepersepuluh rambut manusia. Kebayang halusnya kan? Namun ternyata kekuatan perekat yang dimiliki  bulu halus ini sangat menakjubkan. Kekuatan ini ditimbulkan oleh gaya Van Der Waals. Yaitu interaksi molekul antar permukaan dinding dengan bulu-bulu halus yang dimiliki cicak. Jika cicak tiba-tiba terjatuh, itu karena posisi kaki cicak yang tidak menempel sempurna. Penemuan ini akhirnya menginspirasi para peneliti lainnya untuk mengembangkan lem kering, bahkan jadi inspirasi untuk membuat robot yang bisa merayap di dinding. Menarik bukan?

0 komentar:

Posting Komentar