16 Desember 2019

Sulap Kimia dengan Es dan Garam


Halo sahabat semuanya! Apa kabar hari ini?
Di artikel perdana saya, saya akan memposting tulisan yang berkaitan dengan kimia. Mungkin banyak yang berpikir kimia itu susah. Padahal sebenarnya kimia itu mudah loh. Dan yang terpenting mengasyikkan. Nah untuk kali ini kita akan melakukan sulap kimia. Alat dan bahan yang kita gunakan memakai bahan sederhana. Berikut alat dan bahannya:
Alat:
Seutas Benang

Piring/ Wadah


Bahan:
Es batu

Garam


Kira-kira jika ada alat dan bahan seperti itu, apa yang akan teman-teman lakukan supaya bisa mengangkat es batu dengan seutas benang, tanpa harus mengikatnya?

Ayo coba dipikirkan terlebih dahulu!

Yups, sangat mudah! Di sini ada konsep kimia yang harus kita gunakan, yaitu berkaitan dengan salah satu sifat koligatif larutan. Sebelum saya jelaskan lebih jauh, saya akan bagikan trik sulap mengangkat es batu tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan benang.
Sangat mudah. Kita hanya cukup menaburkan sedikit garam di atas es batu tersebut, kemudian letakkan benang tadi di atas es batu. Perlahan, es batu akan mencair, dan seutas benang tadi akan masuk. Beberapa detik kemudian permukaan es yang meleleh itu akan menutup kembali. Alhasil, si benang sudah terperangkap dalam es. Dan kita akan dengan mudah mengangkat es batu tersebut hanya dengan seutas benang.

Bagaimana tema-teman? Menarik bukan? Adakah yang berhasil melakukan hal tersebut?

Sebagai bahan referensi atau acuan, kalian bisa menyaksikan video berikut. Check it out!

Ini baru satu dari sekian percobaan sederhana yang akan saya bagikan. Untuk penejelasan mengenai topik ini, akan saya unggah di artikel berikutnya. Salam Kimia!

6 komentar:

  1. Bagus. Menarik, jadi lebih paham tentang titik beku

    BalasHapus
  2. Pak, saya masih bingung. Apakah kita bisa mengganti garam tersebut? Kalau iya, kriteria penggantinya harus seperti apa? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, garam pada percobaan diatas bisa saja kita ganti dengan zat yang lain, dengan catatan zat tersebut harus bisa menurunkan titik beku dari es batu. Misalnya garam kita ganti dengan CuSO4 atau NaOH. Hanya saja diantara semua bahan yang telah kita sebutkan tadi, garamlah yang paling murah dan mudah didapat di sekitar kita, makanya pada percobaan di atas kami menggunakan garam.

      Hapus
  3. Mengapa garam dpt menurunkan titik beku es?? apa yg membedakan garam dg zat padat lainnya??
    dan Kenapa kristal es dpt menutup lagi(membeku kembali) setelah beberapa saat mencair?

    BalasHapus
  4. Karena garam bertindak sebagai zat terlarut, dimana adanya zat terlarut dalam pelarut menyebabkan titik beku pelarut turun.

    Beda garam dengan zat padat lainnya, garam bersifat elektrolit kuat sehingga keberadaannya didalam pelarut terionisasi menjadi partikel yang lebih banyak dibandingkan zat padat (zat terlarut) lainnya yang nonelektrolit.

    Kristal es mencair setelah diletakkan benang diatasnya, kemudian akan membeku kembali ketika ditaburi garam.

    Demikian, mudah-mudahan puas yah 🙂

    BalasHapus